Selasa, 31 Maret 2015

ETIKA PROFESI

Tugas Etika Profesi
1.            Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri?
Teknik Industri adalah ilmu yang mempelajari ilmu teknik dan ilmu manajemen. Melalui ilmu teknik, kita mempelajari bagaimana mengenai perancangan, perbaikan sistem yang kurang baik, sehingga sistem kerja yang ada dalam suatu pabrik atau perusahaan menjadi efektif dan efisien. Segi ilmu manajemen mempelajari tentang sistem dan aspek-aspek lain, seperti aspek pemasaran, keuangan, pengembangan sumber daya bahkan sampai penentuan lokasi dan penentuan tataletak suatu pabrik beserta fasilitasnya. Kepakaran teknik industri adalah bertujuan pada pemecahan masalah yang berdasarkan atas analisis yang akurat. Pemecahan masalah bisa terjadi dimana saja baik dari kehidupan sehari-hari ataupun pada suatu sistem di pabrik dan di perusahaan. Pada dasarnya masalah yang timbul ditemukan terlebih dahulu permasalahannya dan dilakukan analisis serta melakukan penarikan kesimpulan sehingga ditemukan lah solusi dalam melakukan pemecahan masalah yang dapat memberikan dampak positif, bisa berupa sistem yang lebih baik efektif dan efisien. Dengan kata lain seorang sarjana teknik industri diharapkan mampu bekerja pada semua bidang industri atau bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak.
2.   Tuliskan karakter-karakter tidak ber-ETIKA menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa)?
  1. Membuang sampah sembarangan. Tindakan tidak terpuji ini adalah salah satu tindakan tidak beretika yang sering dijumpai dimasyarakat. Tidak mengenal batasan usia masih banyak orang yang melakukan tindakan tersebut. Dampak negatif dari tindakan ini adalah menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Salah satu solusi untuk mengatasi tindakan ini adalah disediakannya tempat sampah yang memadai serta adanya himbauan mengenai dampak dari tindakan tersebut.
  2. Berbicara keburukan orang lain. Tindakan  ini sering kita jumpai di masyarakat. Nama lain dari tindakan ini adalah bergunjing atau bergosip. Tindakan seperti ini tidak beretika karena tindakan ini adalah mengumbar keburukan orang lain serta tidak menghargai orang lain.
  3. Berbicara dengan bahasa yang kotor atau tidak sopan. Tindakan ini juga tidak beretika karena bisa menyinggung perasaan dari lawan bicaranya. Salah satu pencegahannya adalah pintar-pintar bergaul dengan orang lain dan lebih bisa mengendalikan diri dalam beretika berbicara.
  4. Meremehkan orang lain. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Tindakan ini tidak beretika karena sikap ini adalah berusaha untu menekan dan merendahkan orang lain karena orang yang merendahkan biasanya tidak ingin ada pesaing yang menyainginya sehingga agar tidak kehilangan kepopulerannya bahkan bisa melakukan segala cara untuk menghilangkan para pesaingnya.
  5. Tawuran. Tindakan ini juga tindakan yang tidak beretika dikarenakan saling melukai satu sama lain hanya didasari oleh menentukan siapa yang terkuat dan yang lemah.


3. Tuliskan aktivitas tidak ber-ETIKA professional dalam bekerja (beri 5 contoh dan analisa)?
  1. Terlambat masuk kerja. Tindakan ini tidak beretika karena meremehkan kedisiplinan dalam bekerja. Pada saat sudah dalam dunia pekerjaan profesionalitas dan tanggung jawab harus ditingkatkan terutama dalam hal waktu.
  2.  Tidur pada saat rapat atau pada saat bekerja. Tindakan seperti tidak beretika dan tidak menghargai orang lain disekitarnya. Bahkan tindaka seperti dapat merugikan diri sendiri serta dapat membuat perilaku kita dimata orang lain tidak baik.
  3. Berkelahi antar karyawan. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor namun apabila sampai terjadi ditempat kerja tentu saja menunjukan bahwa karyawan yang terlibat perkelahian tersebut tidak memiliki etika dan sopan santun.
  1. Membuat keputusan berdasarkan hasil pemikiran sendiri. Seharusnya keputusan diambil berdasarkan hasil musyawarah atau hasil dari diskusi dan rapat para karyawan beserta pimpinannya. Namun apabila hal ini dapat terjadi maka tentu saja tidak adanya saling menghormati diantara karyawan dan para pimpinannya.
  2. Tidak bertanggung jawab dalam pekerjaan. Hal ini perlu dilakukan karena sangatlah penting dalam pekerjaan. Apabila orang tersebut tidak dapat bertanggung jawab tentu saja tidak akan lama dalam melakukan suatu pekerjaannya. Dan orang tersebut akan dicap sebagai orang yang tidak beretika profesional.