Kewirausahaan menurut Harvey
Leibenstein (1968, 1979) adalah kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau
melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum
teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui
sepenuhnya. Kewirausahaan berasal dari bahasa perancis, yang mempunyai arti
perantara.
Menurut Joseph Schumpeter (1934)
Wirausahawan adalah seseorang inovator yang mengimplementasikan
perubahan-perubahan didalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Schumpeter,
mengkaitkan wirausaha dengan konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan
kombinasi sumber daya. Jenis perilaku seorang wirausahawan antara lain:
1. Memperkenalkan
produk baru atau dengan kualitas baru.
2. Memperkenalkan
metoda produksi baru.
3. Membuka pasar
baru.
4. Memperoleh
sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru.
Kunci dari seorang wirausahawan yang sukses adalah
kreatif, inovatif, berani mengambil resiko, dan tidak mudah menyerah.
Karakteristik wirausahawan menurut Mc Clelland antara lain:
1. Keinginan
untuk berprestasi.
2. Keinginan
untuk bertanggung jawab.
3. Preferensi
kepada resiko-resiko menengah.
4. Persepsi
kepada kemungkinan berhasil.
5. Rangsangan
oleh umpan balik.
Sedangkan karakteristik yang sukses dengan n-Ach tinggi,
antara lain:
1. Kemampuan
berinovatif.
2. Toleransi
terhadap kemenduaan.
3. Keinginan
untuk berprestasi.
4. Kemampuan
perencanaan realisits.
5. Kepemimpinan
terorientasi kepada tujuan.
Tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan
ekonomi menurut Mc Clelland adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan
untuk beradaptasi (n-Ach)
n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi , karena itu karyawan
akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut
bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan
perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap
prestasinya tersebut.
2. Kebutuhan
untuk berafiliasi (n-Afil)
Kebutuhan untuk Berafiliasi atau Bersahabat (n-AFI)
Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang
ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang
erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang
mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang
memerlukan interaksi sosial yang tinggi. Mc Clelland mengatakan bahwa
kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan
mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.
3. Kebutuhan
untuk berkuasa (n-Pow)
Kebutuhan akan Kekuasaan (n-POW) Kebutuhan akan kekuasaan
adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana
orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk
ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain.
Dalam
mengidentifikasi peluang usaha baru terdapat sumber-sumber gagasannya. Berikut
ini adalah sumber-sumber gagasannya:
1. Kebutuhan akan
sumber penemuan.
2. Hobi atau
kesenangan pribadi.
3. Mengamati kecenderungan-kecenderungan.
4. Mengamati
kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada.
5. Mengapa tidak
terdapat ?
Waralaba
(franchising) adalah ha-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun
layanan. Franchise adalah pemberian sebuah lisensi oleh seseorang (franchisor)
kepada pihak lain (franchise). Lisensi tersebut memberi hak kepadafranchise
untuk menggunakan merek dagang franchisor dan seluruh elemen yang diperlukan
untuk menjalankan bisnisnya dengan dasar-dasar yang telah ditentukan
sebelumnya. Jenis-jenis hak guna paten (franchise) anatara lain:
1. Franchise untuk
mendistribusikan hasil produksi.
2. Franchise yang
menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dll.
3. Franchise yang
menawarkan jasa seperti agen pribadi, konsultasi pajak dan real estate.
Pengertian pemasaran langsung merupakan proses penyampaian pesan maupun
produk kepada pelanggan, melalui berbagi media. Pemasaran langsung adalah
aktifitas total dengan mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada
pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau
lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos atau kunjungan
dari calon pelanggan. Teknik alternatif pemasaran langsung antara lain:
1. Periklanan
terklasifikasi.
2. Periklanan
display.
3. Kiriman pos
langsung.
4. Katalog
penjualan.
5. Pemasaran
tanggapan langsung media.
Kepemilikan dibagi menjadi beberapa bentuk. Berikut penjelasan dan
bentuk-bentuk dari kepemilikan.
1. Pemilikan
tunggal atau perseorangan
Dimiliki dan dijalankan oleh satu orang saja dan pemilik
tidak perlu membagikan laba.
2. Kongsi
Ada perjanjian tertulis, dimiliki oleh dua orang atau
lebih, umur perusahaan terbatas, pemilikan bersama atas harta, ikut serta dalam
manajemen dan pembagian laba.
3. Perusahaan
perseroaan
Perusahaan dengan badan hukum, kewajiban pemilik saham
terbatas pada jumlah saham yang dimiliki, kepemilikan dapat berpindah tangan,
dan eksistensi relatif lebih stabil atau permanen.
Alternatif-alternatif pada saat berakhirnya usaha, antara lain: Likuidasi, Reorganisasi dan Perpanjangan
waktu pembayaran.
unsur-unsur dari analisa pulang pokok :
unsur-unsur dari analisa pulang pokok :
1. Biaya tetap
Adalah pengeluaran yang di adakan oleh
generasi tanpa melihat jumlah produk yang di hasilkan. contoh nya : pajak
tanah, pemeliharaan bangunan, dll.
2. Biaya Variabel
Adalah pengeluaran yang berfluktuasi
dengan jumlah produk yang di hasilkan. contoh nya : biaya
pembungkusan produk biaya bahan baku yang di butuhkan untuk membuat produk.
Dll.
3. Biaya total
Adalah biaya total dan biaya variabel yang berkaitan
dengan produksi.
4. Pendapatan Total.
Adalah semua nilai rupiah penjualan
yang terakumulasi dari penjualan produk.
5. Keuntungan
keuntungan di definisikan sebagai
jumlah pendapatan total yang melebihi biaya total dari produksi barang yang di jual.
6. Kerugian
kerugian adalah jumlah biaya total
b iaya barang yang melebihi pendapatan total yang di peroleh dari penjualan
barang tersebut.
sumber : http://hanihohoy.blogspot.com/2012/03/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha.html
wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar